Sukses

Sesak Saat Berlari

26 Nov 2017, 18:02 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dokter. Saya remaja wanita usia 17 tahun. Ketika lari-lari yang terlalu saya paksakan dada saya rasanya sesak, napas juga sesak. Terkadang, jantung saya rasanya seperti ditusuk anak panah selama 2-3 detik yang membuat saya seperti berhenti bernapas. Tangan saya sering sekali berkeringat berlebihan. Dan juga setiap kali ada acara yang mengharuskan saya tampil sendiri di atas panggung/di sebuah tempat itu membuat jantung saya berdegup kencang dan keringat di tangan saya mengalir terus, telapak tangan dan kaki dingin sekali saat jantung saya berdegup kencang. Saya juga punya sakit asma yang diturunkan di keluarga saya. Ibu saya juga mengalami hal yang mirip saya namun tidak terlalu parah. Jantung saya kenapa ya? Apa itu sangat berbahaya? Lalu bagaimana tindakan yang harus saya ambil?

Terima kasih telah bertanya tentang sesak saat berlari menggunakan layanan Tanya Dokter

Bila memang hanya terjadi pada saat Anda olahraga, mungkin terjadi akibat kapasitas paru yang masih rendah (belum terbiasa olahraga berat), nyeri otot, dll. Untuk memastikannya, perlu dicari juga keluhan-keluhan lain. Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan wawancara secara lengkap pada dokter. Mengingat usia Anda masih muda dan wanita, kecil kemungkinan Anda mengalami gangguan jantung.

Asma dapat dipikirkan bila terdapat gejala batuk dan/atau mengi yang timbul secara episodik (berulang), cenderung pada malam hari/dini hari, musiman, setelah aktivitas fisik, serta adanya riwayat asma dan atopi (alergi) pada penderita atau keluarganya. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari gejala di atas maka kemungkinan keluhan Anda bukan penyakit asma.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar