Sukses

Bolehkah Minum Kopi Saat Hamil

26 Nov 2017, 13:06 WIB
Wanita, 25 tahun.

Slmat siang dok.. Saya wanita yg sedang hamil,setiap X sehabis makan saya sllu mual,tp cara untuk mengatasinya saya sllu memakan kopi sachet,apakah bahaya buat janin saya,terimakasih dok 😇

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kopi dalam jumlah 1 cangkir per hari tidak mempengaruhi kondisi umum ibu hamil. Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan adalah dengan cara melakukan diet makan yang sehat, tidak saja membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga untuk perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungan anda.

Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi ditperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang anda makan dan cara makan anda selama kehamilan ini. Untuk itu perlunya kita mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan ini.

  • Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan:
  • Makanlah dengan lebih teratur dan Tepat waktu.
  • Makanlah dengan asupan nutrisi yang tepat.
  • Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin
  • Jangan diet selama masa kehamilan. Orientasi orang pada istilah diet adalah mengurangi porsi makan. Diet yang dimaksut disini adalah merubah asupan nutrisi dari porsi yang sudah ada. Bukan mengurangi jumlah porsi makanan.Makanlah dengan porsi pas. Tidak berlebihan, dan tidak kekurangan.
  • Makan dengan jumlah porsi kecil namun dengan dalam intensitas sering lerupakan cara yang lebih baik.
  • Konsumsi vitamin untuk ibu hamil secara teratur.

Minum air yang cukup.Perhatikan keseimbangan gizi mengonsumsi makanan yang berserat, buah-buahan dan sayuran Juga selama masa kehamilan, anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi anda juga. Ingat anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari. Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin. Daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alkohol, minuman keras, Narkoba, bahkan cafein.

Jangan diet selama masa kehamilan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, persepsi orang kebanyakan mengenai diet adalah mengurangi jumlah porsi makan, karena metode ini memang banyak digunakan pada orang yang bertujuan mengurangi berat badan. Kehamilan bukan masa yang tepat untuk diet semacam tersebut, hal tersebut hanya akan membahayakan ibu dan bayi. Dengan melakukan cara makan yang sehat, bukan hanya membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga membantu perkembangan yang sehat bagi bayi anda.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar konsumsi kopi untuk ibu hamil,Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar