Sukses

Penyebab Alergi Susu Sapi

24 Nov 2017, 19:01 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok anak saya 3 bulan tgl 6 des besok, tapi sejak umur 2 bulan di diagnosis alergi susu sapi, padahl sudah pakai susu NAN, dan disuru ganti neocate tp alhasil mencret dan kembung, balik ke nan tp dokter bilang ga boleh akhirnya saya stop lagi nan dan ganti nutramigen, alhasil suka bentol dan ruam serta gelisah dan nangis2 trus saya beralih lagi ke nan tp pas imun dokter suru ganti lagi peptijunor tp susah sekali cari susu itu, ada saran ga dok saya hrus gimana? Saya bgung dan jujur susunya mahal sekali kami kurang menyanggupinya kalo konsumsi jangka panjang..dan masalah ga ya ganti2 seperti itu dok?

Terima kasih telah bertanya tentang alergi susu menggunakan layanan tanya dokter dari Klikdokter

Langkah awal adalah memastikan bahwa reaksi yang anak Anda alami disebabkan benar oleh susu sapi dan hal ini memerlukan pemeriksaan detil secara langsung. Apabila anak Anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak Anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai .Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak Anda dengan susu lain yang lebih hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun)

Anak yang alergi susu sapi jika dipaksa untuk mengkonsumsi makanan yang memicu alerginya (susu formula biasa) akan mengalami reaksi alergi yang terus menerus. Timbulnya reaksi alergi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak dan membuat anak menjadi lebih rewel. Lebih lanjut, hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang anak.Sementara itu, anak hanya diperbolehkan mengonsumsi susu pengganti formula soya atau susu formula jenis hipoalergenik (HA) dan bahan makanan lain bebas susu sapi maupun produk turunannya (keju, yoghurt).

Anda memiliki riwayat alergi susu sapi sebelumnya sehingga konsumsi susu UHT ini sebaiknya dihindari terlebih dahulu .

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar