Sukses

Pengukuran Tekanan Darah yang Benar

24 Nov 2017, 14:48 WIB
Wanita, 44 tahun.

Dokter, sy berulangkali tensi darah namun sellu mmbuat bingung. Tensi darah di tempat sy bekerja dinyatakan normal yaitu 130/90, tp di puskesmas tensi sy dlm wkt yg berdekatan 210/90. Pdhal sy tdk mrasa oening spt yg dl sy rasakan wkt tensi sy pernah 200.Dok, sy jd kurang percaya dengan akuratnya penensian darah ini. Bagaimana sebenarnya ini dok? Pdhal sy sempat dianjurkn minum obat penurun tensi terus menerus. Tp sy mrasa gk sakit dok. Skrg sy hentikan sendiri obat tsb. Bagaimana saran dan pndapat dokter?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tekanan darah adalah menunjukkan keadaan di mana tekanan yang dikenakan oleh darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh. Tekanan darah dapat dilihat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya ditunjukkan dengan angka seperti berikut - 120 /80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tekanan pada pembuluh arteri ketika jantung berkontraksi. Disebut dengan tekanan sistolik. Angka 80 menunjukkan tekanan ketika jantung sedang berelaksasi. Disebut dengan tekanan diastolik.

Sikap yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah dalam keadaan duduk atau berbaring. Apabila terjadi perbedaan antara duduk dan berbaring dikarenakan posisi jantung dan juga alirannya, memang biasanya pada saat berbaring tekanan darah akan lebih rendah dikarenakan posisi jantung sejajar dengan tubuh kita sehingga tidak membutuhkan tekanan yang besar untuk mencapai seluruh tubuh, hal ini berbeda dengan kondisi berdiri dimana jantung harus memberikan tekanan yang cukup untuk mencapai seluruh tubuh karena adanya grafitasi. Biasanya dokter akan memeriksa dua kali atau lebih sebelum menentukan ada terkena tekanan darah tinggi atau tidak. Daripada itu tekanan darah elektrik juga sangat dipengaruhi oleh kualitas baterai, ada baiknya Anda menggunakan alat pengukur tekanan darah manual atau air raksa. Apabila pada kesempatan tersebut tekanan darah anda diatas 130/90 mmHg maka akan didiagnosa sebagai hypertensi (tekanan darah tinggi).

Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, dimana akan lebih tinggi pada saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat. Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda; paling tinggi di waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hari.

Langkah awal terpenting adalah agar menurunkan tekanan darah Anda dengan mengikuti gaya hidup sehat seperti aktif berolahraga, mengatur diet atau pola makan seperti rendah garam, rendah kolesterol dan lemak jenuh, meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok. dan mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter. Selain itu dianjurkan juga untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dengan panel evaluasi awal hipertensi atau panel hidup sehat dengan hipertensi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar