Sukses

Mimisan dan Badan Lemas

24 Nov 2017, 12:51 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat pagi dok ,sayang mw tanya tadi mlm saya mimisan sekitar satu jam lebih,penyebabnya ap ya dok ?setelah itu badan lemas

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab mimisan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin. Selain faktor-faktor tersebut, bersin yang terlalu keras pun dapat menyebabkan perlukaan pada hidung yang berujung pada keluarny darah dari hidung.

Karena kurangnya data yang ada serta keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik maka kami tidak dapat memastikan penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan suami Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika suami Anda cukup sering mengalaminya.

Berikut adalah penanganan segera jika terjadi mimisan :

Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup.Menjaga agar kepala agar tidak menunduk. Posisi kepala dianjurkan agar sedikit mendongak (hanya sedikit saja) namun jangan berlebihan agar darah tidak masuk ke saluran napas.Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri dokter.Sulit bagi kami untuk menduga penyebab pasti mimisan yang terjadi pada kasus anda karena dibutuhkan pemeriksaan. Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika dperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penyebab mimisan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar