Sukses

Cara Mengonsumsi Pil KB yang benar

23 Nov 2017, 22:14 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya Sebelumnya saya sudah mengosumsi pil kb andalan 28 tablet selama sebulan setelah itu saya haid. Pada saat haid saya tidak minum pil kb. Pada saat selesai haid saya memulai lagi minum pil kb. Setelah 4 hari mengosumsi pil kb seteleh haid saya berhubungan. Apakah itu aman dok? Bagaimana cara minum pil kb andalan 28 tablet yang benar?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar pil kb melalui fitur Tanya Dokter.

Pil KB jenis ini bekerja mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan silia saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Keefektifan berkurang bila pil tidak diminum di waktu yang sama setiap harinya. Kontrasepsi ini diberikan pada wanita yang menginginkan kontrasepsi oral namun tidak bisa menggunakan oral kombinasi karena pengaruh estrogen dapat membahayakan, misalnya pada wanita yang sedang menyusui. Sehingga pil KB yang Anda konsumsi memang jenis pil yang paling tepat bagi wanita menyusui dan tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Agar efektivitas optimal, pil KB ini mulai diminum di hari pertama haid. Pada kasus Anda, pil KB ini efektivitasnya untuk mencegah kehamilan menjadi tidak optimal.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar pil kb, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar