Sukses

Haid Berkepanjangan

20 Nov 2017, 23:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat sore dok . Saya lhizty umur 19 tahun . Saya uda haid terus seminggu kemudian keluar lagi dan uda berjalan hampir seminggu . Apakah itu normal atau berbahaya ?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terimakasih telah bertanya seputar haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Tidak jarang juga ada yang memiliki siklus haid lebih panjang yaitu 40 hari sehingga bisa tidak haid dalam 1 bulan. Namun, tetap teratur 40 hari sekali.

Haid tidak teratur disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

-Menggunakan KB spiral (IUD)-Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu-Olahraga yang berlebihan-Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)-Sedang hamil atau menyusui-Stress psikologis-Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)-Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim-Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Di samping itu, ada pula beberapa jenis haid yang dibedakan dari durasi haid. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan, sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Yang Anda alami tampaknya adalah menorrhagia. Bahaya haid berkepanjangan adalah dapat membuat Anda menjadi kekurangan darah (anemia). Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

- Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres psikologis

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

- Dan lain sebagainya

Selain gangguan keseimbangan hormon, dapat saja terdapat gangguan organ kandungan Anda, seperti kista ovarium atau mioma. Cara penanganan yang dapat Anda lakukan adalah mengatasi faktor penyebab yang mungkin mengakibatkan haid berkepanjangan. Jika keluhan Anda belum teratasi, kami menyarankan Anda berobat ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Diperlukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi kandungan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar