Sukses

Vagina Berbau Tidak Enak

20 Nov 2017, 23:24 WIB
Pria, 35 tahun.

Halo Dokter, Nama sy Lisa. Umur sy 35, mempunyai 2 anak. Sebulanan ini, suami sy bilang miss V saya baunya tidak enak. Sy tidak mengalami keputihan. Tidak ada rasa gatal, perih, panas, dll. Secara umum saya tidak merasa ada keluhan. Cuma ada aroma tidak sedap saat berhubungan. Yang ingin saya tanyakan, apakah sy perlu periksa ke dokter? Kalo iya, ke dokter kandungan, atau boleh dengan papsmear, atau mungkin pemeriksaan lain dok? Trus kalo dari hasil pemeriksaan itu, apakah bisa ketauan apakah saya ada terkena penyakit" menular seks, atau Hiv? atau mesti request khusus untuk pemeriksaan penyakit tersebut? Mohon dibantu dok. Saya bingung sekali. Makasi sebelumnya

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya mengenai Mengatasi Bau Vagina melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah vagina bau. Vagina bau bisa mengarah kepada penyakit vaginosis bakterialis.

Vaginosis bakterialis yaitu pertumbuhan berlebihan bakteri yang normalnya ada dalam vagina merupakan penyebab tersering bau tidak sedap vagina. Apakah ada gejala lain seperti keputihan dan gatal? Bila ya, perlu dievaluasi penyebab infeksi vagina tersebut. Higienitas daerah kemaluan yang kurang baik juga dapat menyebabkan bau vagina yang tidak sedap.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap tersebut antara lain:

Gunakan celana dalam yang terbuat dari katunHindari penggunaan celana yang sempitHindari produk yang menggunakan pewangi untuk membersihkan vaginaGanti pembalut secara berkalaMakan buah dan sayuran secara teraturBuang air kecil dan cuci segera kemaluan setelah berhubungan intim untuk membersihkan area vagina dari bakteriUntuk memastikan penyebab vagina yang berbau sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Mengatasi Bau Vagina. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar