Sukses

Berat Badan Anak

20 Nov 2017, 19:05 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok,,, anak saya cowok, berumur 2 bulan 3 minggu, bbnya Udh mencapai 7 kg, sufor nya SGM ANANDA PRESINUTRI, dia aktif banget, Yang saya tanyakan, apakah bb anak saya sudah over,,? Dan apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi bb nya. Mksh,,

Terimakasih telah ebrtanya tentang berat badan anak menggunakan fitur Tanya Dokter 

Saya dapat memahami kekhawatiran anda. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apakah anda memiliki putra ataukah putri, karena acuan yang digunakan berbeda untuk laki-laki dan perempuan, seperti terlihat dalam tabel berikut:

Bila anak anda adalah laki-laki, maka berat badannya saat ini berada tepat pada batas bawah kisaran berat badan normal untuk usianya. Perlu diperhatikan pemenuhan nutrisi yang dibutuhkannya, baik secara kualitas maupun kuantitas. Jadwal makan anak usia kurang dari 1 tahun adalah setiap 3 jam atau setiap anak membutuhkannya. Idealnya selama 6 bulan pertama anak anda sebaiknya hanya mendapat ASI, namun bila secara jumlah ASI anda tidak mencukupi dapat ditambah dengan pendamping ASI.

Mengenai perkembangannya, saat usia 3 bulan anak seharusnya sudah mulai dilatih untuk mengangkat kepalanya dan memerhatikan benda bergerak. Kemudian latih anak anda membalikkan badan dari telentang ke telungkup sebagai berikut:

1. Melatih anak mengangkat kepala

Gerakkanlah benda yang menarik di hadapan anak, ketika ia telungkup. Angkatlah benda itu ke atas, sehingga anak dilatih mengangkat kepalanya ketika memerhatikan benda itu. Cara lainnya adalah dengan menarik pergelangan tangan anak anda secara perlahan dari posisi telentang menjadi posisi duduk.

2. Melatih anak membalikkan badan dari telentang ke telungkup

Ketika telentang, anak dibuat agar memperhatikan benda yang menarik (berwarna menyolok/berbunyi). Benda itu kemudian digerakkan ke sisi badannya. anak akan mengikuti benda itu sambil memiringkan badan. Benda digerakkan terus agar anak berlatih membalikkan badannya.

Bila anak anda sudah dapat mengangkat kepalanya, gendongan depan tidaklah masalah selama anda tetap menjaga kepalanya agar tidak jatuh. Namun sebaiknya jangan dipaksakan bila ia belum dapat mempertahankan leher dan kepalanya.

 

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar