Sukses

Iritasi Mata Karena Softlens
19 Nov 2017, 10:27 WIB
Wanita, 20 tahun.

Mf dok saya mau tanya, beberapa thn lalu say pernah mencoba memakai softlens dan tidak terjadi apa2. Kemudian pada bulan2 kemarin saya membeli softlens baru saya coba pakai mata saya terasa perih dan panas tidak sampai 5menit saya lepas kembali. Saya membeli lagi softlens baru tapi ketika saya pakai hal sama terjadi lagi baru beberapa menit saya tidak tahan dengan perih dan panasnya.. lalu saya tertarik dengan promo sebuah produk difb,, produk trsebut bisa digunakan sebagai pengganti cariran sofltlens.. dan saya membelinya lalu menggunakannya untuk merendam semua softlens saya, ketika saya coba pake yg terjadi malah softlens saya naik ke atas hampir masuk kebelakang mata pas saya mau lepas softlens tersebut nempel dimata saya sangat kuat karena kaget dan takut saya berusaha melepasnya dengan paksa .. meski terlepas sekarang mata saya jadi terasa berat dan seperti ada sesuatu yg menghalangi pandangan ... Tolong penjelasannya dok saya takut terjadi apa.. trmksh.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penggunaan softlens, meskipun akan memberikan hasil yang lebih baik secara kosmetik namun akan memberikan risiko yang lebih tinggi terhadap timbulnya infeksi atau iritasi yang berbahaya pada mata.

Softlens membutuhkan perhatian mulai dari penggunaan, lama pemakaian, penyimpanan dalam kotaknya, dan perawatan kebersihan. Karena penggunaan softlens yang kurang tepat dapat berakibat terjadinya infeksi pada kornea mata. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan batas pemakaian softlens Anda (apakah 1 bulan atau 3 bulan, dll) dan pastikan agar tidak dipakai melebihi waktu yang ditentukan. Penyimpanan dan perawatan kebersihannya juga harus diperhatikan dengan seksama agar tetap bersih dan tidak menjadi sumber infeksi. Pemakaian softlens juga dapat mengkondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip lebih sering guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata.

Untuk mengatasinya, Anda dapat meneteskan cairan pelembap khusus untuk softlens langsung ke mata secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata tersebut terjadi. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Penggunaan softlens juga dapat menyebabkan infeksi pada mata, misalnya konjungtivitis (infeksi pada selaput tipis yang menyelubungi mata luar), keratitis (infeksi pada kornea mata), dan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada seluruh bola mata. Hal ini dapat terjadi bila higiene pada saat penggunaan softlens atau cairan softlens tidak baik. Warna dan jenis bahan softlens dapat saja menyebabkan alergi. Selain itu cairan softlens juga dapat menjadi sumber pemicu terjadinya alergi pada daerah mata. Namun hal ini bersifat berbeda-beda pada setiap individu.

Mengenai keluhan yang Anda rasakan, mata merah dan mengganjal dapat disebabkan oleh peradangan di kornea, iris mata, atau keseluruhan bola mata. Peradangan mata dapat disebabkan oleh infeksi. Terutama dengan penggunaan softlens. Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan mata Anda ke dokter spesialis mata untuk melihat bagian mata manakah yang mengalami iritasi, disertai penanganan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar