Sukses

Gangguan Hipokalemia

18 Nov 2017, 09:35 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok , saya divonis menderita hipokalemia periodik paralisis sejak 1,5 thn lalu dan kreatinin ginjal saya 1,5 kira2 apa penyebab sakit saya ini dan apa bisa sembuh total dok ? Mohon penjelasannya dok ...

Terima kasih atas pertanyaa Anda tentang hipokalemia menggunakan fitur Tanya Dokter

Periodik paralysis merupakan kelainan pada membran yang sekarang ini dikenal sebagai salah satu kelompok kelainan penyakit chanellopathies pada otot skeletal. Hipokalemia adalah suatu kondisi kekurangan elektrolit kalium di dalam tubuh. Kadar kalium normal di dalam tubuh berkisar antara 3,5 - 5 mEq/L. Kalium sangat dibutuhkan untuk mengatur kerja dari saraf dan sel otot. Ginjal merupakan pengatur homeostasis dari kadar kalium tubuh, dimana kadar kalium berlebihan akan dibuang melalui air seni. Hipokalemia sendiri adalah kondisi yang disebabkan oleh :

Gangguan pada ginjal yaitu renal tubular asidosis, hiperaldosteronisme, kekurangan magnesium, leukimia, stenosis arteri renalis, penyakit CushingKelainan kongenital (kelainan sejak lahir) yaitu Sindroma Bartter, Sindroma Gitelman, Sindroma LiddleGangguan saluran pencernaan : muntah atau diare hebat, penggunaan laksatif berlebihanEfek obat seperti diuretik, beta-adrenegik agonis, steroid, teofilin, aminoglikosidaPergeseran transeslular pada penggunaan insulin dan kondisi alkalosisDiet makanan (kaya kalium) yang tidak adekuatHipokalemia dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Mungkin yang menjadi masalah dalam kasus Anda adalah pencarian penyebab dari hipokalemia yang sementara ini masih belum diketahui. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kembali ke dokter spesialis penyakit dalam Anda untuk mencari tahu apa penyebab dari hipokalemia yang Anda alami sekarang. Kurang lebih berbagai penyebab dari hipokalemia sudah saya jabarkan di atas. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar