Sukses

Tekanan Darah Tinggi

18 Nov 2017, 09:03 WIB
Pria, 23 tahun.

tensi saya 160/90 barusan dipameran/expo, keluhan saya sering merasa lemas gleyengan kalau kerja. jantung berdetak kencang sama nafas kaya lagi meriang. minta saran yang harus saya lakukan apa dok. terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab tekanan darah tinggi melalui fitur Tanya Dokter.

Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dalam 3 kali pengukuran tekanan darah berturut-turut di waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole (angka yang pertama) ≥ 140 mmHg atau tekanan diastole (angka yang kedua) ≥ 90 mmHg. Hasil tekanan darah yang tinggi hanya dengan satu kali pemeriksaan belum dapat didiagnosis menderita tekanan darah tinggi karena hasil tekanan darah dapat meningkat saat seseorang dalam kondisi stres atau setelah beraktivitas, dll. Bagaimana dengan Anda?

Jika setelah beberapa kali pemeriksaan didapatkan hasil tekanan darah Anda lebih tinggi dari normal, dapat dikatakan bahwa Anda menderita darah tinggi. Pada tahap awal, terapi darah tinggi dapat dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti :

Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama minimal 30 menit, seperti jalan kaki, jogging, berenangKurangi berat badan.Kurangi asupan garamKurangi mengkonsumsi makanan yang digorengPerbanyak asupan makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuranBerhenti merokok dan hindari konsumsi alkohollJika dengan melakukan perubahan gaya hidup tersebut tekanan darah anda tetap tinggi, maka diperlukan terapi dengan obat-obatan untuk mengatasi hipertensi anda.

Hipertensi yang tidak diterapi dapat menyebabkan berbagai komplikasi berupa gangguan jantung, pembuluh darah, gangguan ginjal, merusak kerja mata, menimbulkan kelainan atau gangguan kerja otak, dll.

Tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan rasa pusing atau sakit kepala dan sekitar leher. Kami sarankan Anda menjalani pemeriksaan kembali untuk mengetahui tekanan darah Anda saat ini untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penyebab tekanan darah tinggi, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar