Sukses

Gangguan Obsesif Kompulsif

16 Nov 2017, 10:50 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau tanya. Saya seringkali merasa risih melihat gamabr yang tidak sesuai pada posisinya misalkan banya tumpukan piring kecil bewarna tapi tidak ditata sama dengan warnanya. Apakah itu wajar? Apakah saya termasuk golongan OCD?. Akhir-akhir ini saja saya juga sering menangis sendiri padahal tidak ada yang sedih. Sebenarnya apa yang terjadi pada diri saya.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya penanganan OCD melalui fitur Tanya DokterHalo,

Dalam dunia medis, yang disebut dengan gangguan obsesif-kompulsif (Obsessive-Compulsive Disorder / OCD), yaitu suatu kondisi dimana individu tidak mampu mengendalikan pikiran yang menjadi obsesi, kendati hal tersebut sebenarnya tidak diharapkan serta mengulang beberapa kali perbuatan tertentu agar pikiran dapat dikendalikan dalam upaya menurunkan tingkat kecemasan. Kondisi ini erat kaitannya dengan depresi atau riwayat kecemasan sebelumnya. Biasanya individu dengan gangguan ini menyadari dengan penuh bahwa tindakan yang dilakukan adalah sesuatu yang tidak benar, persis seperti yang sedang Anda alami saat ini. Obesessive Compulsive Disorder dapat ditangani dengan beberapa metode. Diantaranya dengan teknik psikoterapi, dan pengobatan golongan lithium seperti mood stabilizer. Untuk penjelasan lebih lanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis psikiatri agar mendapatkan penjelasan yang lebih mendetail.

Untuk memastikan diagnosis keluhan serta untuk mendapat tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda, tidak ada salahnya Apabila Anda mengkonsultasikan kondisi Anda dengan seorang psikolog atau psikiater.

Demikian informasi yang dapat kami berikan penanganan OCD. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar