Sukses

FAM Berulang

16 Nov 2017, 10:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

Maaf dok saya mau tanya Saya sudah 4X operasi fam, namun yg pertama dan kedua hanya di klinik tanpa opname sedangkan yg ke 3 dan ke 4 saya operasi di rumah sakit. Waktu itu jangka operasinya yg pertama tahun 2010, kedua 2012, ketiga 2016, dan keempat 2017 pertengahn oktober lalu Yg saya tanyakan kenapa FAM muncul terus ya dok dan bertambah banyak dan itu juga multiple fam kedua payudara saya. Pada operasi ke 4 itu sebelumnya saya di usg sama dokter dan ternyata ada kistanya juga 2 di sebelah kanan ukuran 1 cm. Apakah semakin berbahaya dok bagi yg sudah sering operasi fam atau resikonya? Terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.FAM (Fibroadenomamammae) merupakan tumor jinak payudara dan merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (fam) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang.

Semua benjolan didalam dunia kedokteran disebut dengan tumor. Jika benjolan ini dapat menyebar ke jaringan lain (metastasis) barulah disebut dengan Kanker. Namun FAM, tergolong dalam tumor jinak payudara.

Penanganan FAM memang sebaiknya diangkat dengan tindakan bedah, namun pertimbangan ini berbeda pada tiap individu tergantung dari kondisi masing-masing. FAM yang terjadi pada anda sudah berulang ulang dan penanganannya memang dengan tindakan bedah. Jika anda tidak ingin mengangkatnya bicarakan saja dengan dokter bedah anda tentang hal ini. Sebaiknya anda juga menjaga pola hidup anda dengan membatasi makanan yang dapat memicu terjadi nya FAM dan berkonsultasilah dengan dokter gizi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar