Sukses

Keluar Darah Dari Telinga

15 Nov 2017, 22:57 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter. Semalam saya abis ngorek kuping pake cotton bud, tetapi setelah saya pake itu kuping saya terasa sakit. Akhirnya saya ada cara (liat di internet) pakai air rebusan bawang putih yg sudah di tumbuk. Saya tetesi di kuping sebelah kiri. Tetapi dok, setelah saya pake itu kuping saya seperti mengeluarkan cairan merah (seperti darah) sampai pagi ini masih mengeluarkan darah. Itu kira2 kenapa ya dok ? Apakah gendang telinga saya pecah. Terimakasih dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Pada umumnya, cairan yang sering keluar dari telinga adalah serumen (kotoran telinga), namun keluarnya cairan lain seperti darah atau nanah dari telinga dapat terjadi akibat adanya iritasi atau infeksi di dalam telinga. Keluarnya cairan dari telinga akibat adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau kuping yang terasa sakit.

Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga. Untuk memastikannya, diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga anda.

Karena itu, Kami sarankan agar Anda ke dokter spesialis THT segera untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar