Sukses

Mengatasi Kutil Kelamin

15 Nov 2017, 22:40 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter nama saya Indira wanita 21 tahun. Saya sekarang hamil 10w. Dan saya terkena penyakit condiloma / jengger ayam... saya sudah ke dokter kandungan , terus disarankan diberi albhotyl dulu dok. Tapi sudah 3 hari enggak ada perubahan dok malah semakin banyak . Mohon saran nya dok... Terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kutil pada kelamin (kondiloma akuminata), merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser, atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Apabila melalui penggunaan obat tetes tidak membaik, sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter untuk  mendiskusikan lebih lanjut mengenai pengobatan lanjutanyang tepat bagi anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar