Sukses

Penanganan Stroke Lama

11 Nov 2017, 00:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dokter papa saya mengalami stroke 6 bulan yang lalu tapi hasil CT scan terakhir adalah . Ingatkan pada daerah temporalis bilateral Multipleks ingatkan lakuner pada daerah substansial Alba, ganglia basalis dan periventrikularis bilateral Atrofi serebri senilis. Hasil pemeriksaan CT head : NCCT Supratentorial : Tampak lesi hipodens batas tidak tegas pada daerah temporalis bilateral Tampak lesi hipodens kecil kecil ukuran lk 1-2 mm pada daerah substansial Alba, ganglia basalis dan periventrikularis bilateral. Sulsi sulsi fissura sylvii bilateral, vertikal lateralis bilateral dan 3 melebar. Infratentorial : serebellum dan vertikel 4 baik. Saya kurang mengerti penjelasan di atas maaf dokter pertanyaan saya bisa jelaskan bagaimana kondisi dari hasil CT scan terakhir papa saya secara jelas dan saya dengan mudah untuk memahami nya. Terimakasih dokter

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya penanganan stroke melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai kondisi ayah Anda. Bagaimana keadaan klinis ayah Anda? Apakah terdapat gejala kelemahan satu sisi yang memberat? Sebelum kami menjawab akan saya jelaskan sedikit seputar stroke.

Orang yang berisiko tinggi mendapat serangan stroke antara lain :

Penderita tekanan darah tinggi, dimana tekanan darah >140/90Penderita kolesterol tinggiDiabetes mellitusPerokokPenderita atrial fibrilationObesitasTidak pernah berolah ragaTerdapat riwayat stroke pada keluargaPernah mengalami serangan stroke sebelumnyaSerangan stroke berulang sangat mungkin terjadi. Untuk memastikan diagnosis stroke dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan CT-scan atau MRI. Dengan diketahui penyebabnya, apakah akibat sumbatan pembuluh darah atau akibat perdarahan, maka dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat sehingga kelumpuhan dan gejala lainnya dapat dicegah bahkan dipulihkan kembali. Sekitar 50% penderita yang mengalami kelumpuhan separuh badan bisa kembali memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri setelah menjalani pengobatan yang tepat secepatnya.

Citicolin merupakan nueroprotektor (mencegah kerusakan syaraf otak) dan dapat meningkatakan aliran darah dan oksigen ke otak. Selain terapi obat-obatan, penderita stroke juga membutuhkan rehabilitasi untuk mengembalikan aktivitas fungsionalnya. Sebaiknya ibu Anda juga diprogramkan untuk mengikuti proses rehabilitasi pasca stroke di rehabilitasi medik.

Apakah ibu Anda memiliki penyakit lain seperti hipertensi, jantung, ginjal atau hepar? Bengkak pada kaki dan tangan bisa disebabkan oleh kelain pada organ-organ tersebut. Pasien dengan riwayat stroke membutuhkan perhatian khusus dan terapi yang berlanjut. Pemulihan pasca stroke memang terkadang membutuhkan waktu lama dan diperlukan kesabaran. Kami sarankan ibu Anda rutin kontrol ke dokter yang menangani untuk memantau perkembangan dan mencegah perburukan.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai stroke dan pencegahannya, Anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Stroke.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar