Sukses

Meningkatkan Berat Badan

11 Nov 2017, 00:43 WIB
Pria, 27 tahun.

begini dok saya angga umur 27 dg berat badan skitar 50 kg saya rasa itu kurang dri berat normal seumuran saya dan akhirnya saya mengikuti jejak teman saya untuk minum obat tradisonal china dng mrek kianpi hari pertama (malam) peminuman obat saya hanya mengalami mules/diare yg lebih dri hari biasa ke esokannya diare hilang yg muncul adalah cegukan yg berkelanjutan waktu nya jg agak lama hampir setengah hari tp saya rasa itu masih normal jadi saya tetap minum obatnya hari ke 2 saya mengalami jegukan kembali dng rentan waktu sehari 3 face dng jara waktu yg lumayan lama hari ke 3 pun sama dan semua cegukan akan hilang ketika saya tidur dan saat bangun hanya membutuhkan sekitar 3/4 jam jegukan akan kambuh lagi, bagaimana dok apakah ini termasuk wajar,? Perlukah saya stop konsumsi obatnya,? Krn saya udh googling tp gk ada jwb an atau keluhan yg sama saya, mohon sudikiranya dokter menjawab atas kepedulian dan waktunya saya ucapkan banyak terima kasih dok, slmt sore,😊

Terima kasih telah bertanya tentang cara menambah berat badan menggunakan fasilitas Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf karena kami tidak dapat menjelaskan tentang pengobatan tradisional, herbal atau chinese medicine, karena belum ada penelitian medis atau data terkait obat tersebut. Sehingga kami juga tidak dapat memberikan rekomendasi terkait penggunaannya.

Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Faktor genetik atau keturunan disebutkan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh seseorang, dan secara tidak langsung mempengaruhi berat badan. Gen berperan dalam memberikan instruksi kepada tubuh untuk merespon perubahan dari sekitarnya. Namun faktor tersebut tidak berdiri sendiri dalam mempengaruhi berat badan seseorang, dan dipengaruhi oleh faktor lain seperti asupan gizi (nutrisi), aktivitas fisik, dan sebagainya.

Yang perlu diperhatikan juga adalah adanya keluhan lain yang dirasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu, berdebar-debar, sering berkeringat, tangan gemetar, sering buang air besar. Keluhan tersebut merupakan gejala dari penyakit yang mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Kami akan menjawab pertanyaan Anda dengan menggambarkan beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan, yaitu :

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari. Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut. Apabila cara di atas belum berhasil, kami menyarankan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga membantu untuk mengetahui makanan yang dapat meningkatkan berat badan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar