Sukses

Solusi Air Mani Encer

06 Nov 2017, 21:26 WIB
Pria, 24 tahun.

Tanya dok, Saya sudah menikah dan punya kendala mani encer . Saya sudah mencoba istirahat cukup, menjaga tidak sering ejakulasi atau berhubungan intim , bahkan dalam sebulan hanya 1-2x agar memperbaiki produksi sperma. Tapi hasilnya masih belum membaik. Mohon saran nya dok.

Terimakasih telah bertanya tentang air mani encer melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Cairan mani (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian. Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan jika sperma encer berarti tidak ada kandungan sperma yang baik. Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria. Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah menghindari faktor-faktor di atas termasuk nutrisi dan pola hidup sehat., tetapi dalam penanganannya tetap memerlukan peran dokter spesialis andrologi. Terapi yang dipilih disesuaikan dengan penyebab, kecuali untuk faktor genetik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang air mani encer. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar