Sukses

Pembengkakan pada Jari

03 Nov 2017, 21:13 WIB
Pria, 28 tahun.

selamat pagi dok, sekitar 10 hari yang lalu saya melakukan operasi bakar kutil di jari kelingking saya. luka dari hasil pembakaran memang langsung kering dok, namum pada hari ke 4 daerah di sekitar luka tadi mulai berwarna merah keungu unguan dan bengkak dok. apakah itu indikasi telah terjadi infeksi dok? antibiotik telah habis saya minum dan ikagen salep hanya saya oles saat tidur. tindakan apa yang harus saya lakukan dok di karenakan saya bekerja di daerah perbatasan sehingga sulit untuk menjangkau klinik/RS. terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang jari kemerahan dan bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat luka terbuka pada daerah bengkak? Untuk mendukung proses penyembuhan luka dan bengkak, perlu juga diperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat), memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Keluhan bengkak karena prosedur medis sebelumnya dapat disebabkan karena adanya infeksi pada daerah tersebut. Bengkak (edema) yang terjadi pada tubuh dapat berbentuk 2 yaitu pitting dan non-pitting edema. Pitting edema yaitu bengkak yang sulit kembali saat di tekan, non-pitting edema adalah bengkak yang bentuknya tidak berubah bila ditekan. Pitting edema biasanya disebabkan oleh retensi cairan yang disebabkan oleh gangguan aliran darah, varises, infeksi, hingga kegagalan fungsi hati, jantung, atau ginjal. Apabila yang terjadi adalah infeksi, ditandai dengan kemerahan di kaki, kaki yang sakit terasa lebih panas dari jaringan yang sehat, nyeri, dan dapat disertai dengan demam. Non-pitting edema biasanya disebabkan oleh kelainan kelenjar tiroid atau gangguan kelenjar limfe.

Untuk memastikan tidak terjadi cedera serius pada jari Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kaki tangan bengkak setelah kecelakaan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar