Sukses

Seputar Amnesia
01 Nov 2017, 23:00 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat pagi dr. saya mau tanya, apa ya obat untuk orang amnesia?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar amnesia melalui fitur Tanya Dokter.

Pada dasarnya, banyak hal yang mempengaruhi memori seseorang. Waktu terjadinya suatu kejadian dan keterlibatan faktor emosi saat kejadian itu berlangsung. Kejadian yang disertai gejolak emosi akan lebih lama dikenang sebaliknya kejadian yang datar datar saja lebih mudah dilupakan. Nah, memori yang tidak terlalu berkesan ini seiring dengan waktu akan menghilang jika tidak ada upaya untuk mengingatnya secara rutin. Ini merupakan hal yang wajar. Semakin sering diingat maka memori akan semakin lama melekat di pikiran.

Adapun beberapa penyakit yang memengaruhi memori adalah penyakit alzeimer, demensia vaskular, amnesia akiibat trauma kepala. dan lain-lain. Namun demikian, penyakit demensia vaskular dan alzheimer kerap terjadi pada orang tua. Jika anda tidak pernah mengalami trauma kepala, maka sebenarnya anda tidak perlu khawatir. Berkonsultasilah dengan dokter saraf jika anda ingin memeriksakan fungsi memori anda dengan lebih objektif.

BErgantung dari penyebab amnesia yang ada, penanganannya tentu berbeda-beda. Namun secara umum, beberapa terapi psikis seperti hipnoterapi dan memory recall dapat dilakukan untuk memicu agar memori yang terlupakan dapat muncul kembali.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar amnesia, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar