Sukses

Haid Tidak Teratur

30 Oct 2017, 15:47 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok sy mau tanya, sy pake kb 3 bulan sdh 2 thun dan efeknya tuh sy ga haid tp awal bulan ini keluar darah sdkit2 slma 2-3 hari dok kmduan di akhir bulan ini keluar darah lagi dok udah 3 hari tp dikit smntara kb sy berakhir di tgal 1 -11-17 itu gmn dok apa tdk ada masalah atau gmn?

Terima kasih telah bertanya tentang haid tidak teratur menggunakan layanan Tanya Dokter

Pemilihan KB tidak dapat disamaratakan karena tergantung karakter dan keperluan individu tersebut. KB suntik 1 bulan, suntik 3 bulan maupun KB pil merupakan KB hormonal. Salah satu efek samping dari KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Selain itu efek samping lain KB hormonal yang dapat dikeluhkan adalah berat badan naik, tekanan darah tinggi, osteoporosis.

Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Keluarga Berencana

Pendahuluan KB

Kondom

Pil Kombinasi

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Kondom Berkualitas Efektif Cegah PMS

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar