Sukses

Penyebab Alergi Susu Sapi

29 Oct 2017, 21:09 WIB
Pria, 23 tahun.

ruam di tangan.. dok anak saya umur 8bulan. pas dia lahir saya udh bertekad untuk ASIX tp karna asi tdak keluar bnyak akhir nya ortu saya menyaran kan untuk memberi nya susu formula. pertama pake sufor dri SGM ananda, ga lama dia mencret. lalu di ganti sama bebelove, tp tetep mencret, setelah itu pake ENFAMIL dan cocok, tp ga lama kemudia batuk filek, lalu saya bawa ke dokter anak. di suruh di UAP dan ganti susu.. katanya anak saya alergi susu sapi. di ganti dengan susu NAN PH PRO dri nestle. alhamdulillah sampe sekarang cocok.. pas mulai Mpasi. saya ga perhatikan klo produk dri cerelac mengandung susu sapi. alhasil di tangan nya timbul bintik" merah, lalu batuk pilek lagi. ke dokter anak lagi dan di UAP lagi. di kasih obat anti alergi. sedikit hilang ruam di tangan. ganti produk goodmil dari milna. yg proten soya.. dan akhir nya cocok. tp ruam di tangan masih ada dan kadang muncul bnyak sekali.. itu muncul hanya di tangan. di bagian lain ga ada.. saya mohon bantuan nya. anak saya kena alergi apaya dok ??

Terima kasih telah bertanya tentang alergi susu sapi pada anak menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Manifestasi klinis alergi protein susu sapi (APSA) pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan sebesar 50-60 persen. Sisanya terlihat di kulit dan saluran nafas. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat hingga mengancam jiwa, seperti asma berat, udem laring, dan anafilaksis yang berakibat tidak sadar atau maut.Manifestasi pada saluran pencernaan biasanya dalam bentuk muntah, diare, dan diare berkepanjangan. Jika anak tidak mendapat pengobatan tepat, anak akan malnutrisi.apakah anak anda mengalami diare setelah mengkonsumsi susu?atau ada gejala-gejala alergi susu pada anak anda?

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit untuk memastikan apakah anak anda alergi terhadap susu sapi.

Apabila anak anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, susu gandunm, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai.

Untuk menentukan pengganti susu sapi, pendapat dokter spesialis Anak mungkin Anda perlukan.

Demikian informasi tentang alergi susu sapi pada anak yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar