Sukses

Penyembuhan Malaria

28 Oct 2017, 10:47 WIB
Pria, 24 tahun.

Sudah seminggu saya teridentifikasi terjangkit malaria tropica. Saya saat ini tinggal di timika papua, saya telah di infus saat teridentifikasi malaria oleh pihak rs, lalu setelah itu oleh istirahat di rumah dengan diberi obat primaquin 1x3tab, ibuprofen 3x1, d-artepp 1x4tab, dexanta 3x2 tab. Sudah hampir seminggu saya konsumsi obat tersebut, meriang sudah hilang, namun rasa pusing dan lemas masih ada. Apa yg harus saya lakukan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Konsumsilah obat secara teratur dan kontrol ke dokter di daerah Anda. Gunakan kelambu dan lotion anti serangga. Izinkan kami menjelaskan tentang malaria. Malaria adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh protozoa dari genus Plasmodium. Pada manusia, terdapat empat spesies penyebab malaria, yaitu P. falciparum, P. vivax, P. ovale, P. Malaria.

Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax merupakan jenis parasit malaria yang paling banyak ditemukan pada daerah tropis dan subtropis. Secara epidemiologi, Plasmodium falciparum adalah penyebab sekitar 85% malaria di dunia dan merupakan penyebab malaria yang paling berat. Namun pada kasus teman anda, kemungkinan jenis parasit malaria yang menyebabkan adalah Plasmodium vivax, mengingat malaria yang diderita timbul berulang. Hal ini terjadi oleh karena di dalam hati, sebagian parasit masih beristirahat (dormant). Sewaktu-waktu parasit ini dapat teraktivasi menimbulkan keluhan malaria kembali. Saat kambuh dapat muncul gejala berupa demam, menggigil, meriang, mual, nyeri sendi, nyeri kepala, lemas.

Pada prinsipnya pengobatan malaria dapat ditangani secara optimal apabila telah diketahui jenis parasit dan pola kekebalan parasit tersebut terhadap obat antimalaria tertentu.

Sedangkan mengenai makanan, secara umum tidak ada pantagan makan bagi penderita malaria.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel di bawah ini :

Malaria

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar