Sukses

Bercak Paru Pasca TB

28 Oct 2017, 10:31 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dokter saya mau tanya, setahun yang lalu saya didiagnosa tb dan dinyatakan sembuh 7 bulan yang lalu, sekarang saya harus melakukan pemeriksaan kesehatan yg meliputi foto thorax untuk persyaratan masuk kerja, apakah hasil dari foto thorax masih akan terlihat flek flek tb dok? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar tuberkulosis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Tidak semua kasus TB paru meninggalkan bercak paru. Namun, jika terjadi bercak pada paru, bercak pada paru juga tidak dapat dipastikan hilang. Kadang terdapat jaringan yang terlihat pada rontgen untuk waktu yang lama. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena selama gejala TB tidak ada, maka gambaran rontgen bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Izinkan kami menjelaskan tentang penanganan TB.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Sayang sekali Anda tidak menjelaskan secara rinci Anda tergolong kasus yang mana. Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan sputum serta pemeriksaan foto rontgen dada.

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar