Sukses

Mengetahui Usia Kandungan

25 Oct 2017, 14:36 WIB
Pria, 25 tahun.

Siang Dok, Saya ingin tanya, bulan Agustus saya tidak menstruasi karena stress (hal tsb sudah biasa bagi saya, terkadang 2 bulan 1x atau bahkan terkadang tanggal haid selalu telat tiap bulannya). Saya menikah di bulan September akhir, setelah H+8 menikah saya iseng cek tespek dan hasil nya negatif, begitu juga di hari ke 10 hasilnya negatif. Setelah 2 minggu setelah menikah / berhubungan seks saya cek lagi ternyata hasilnya positif. yang ingin saya tanyakan adalah, jika saya benar hamil dan tidak menstruasi selama 2 bulan walaupun baru melakukan hubungan seks dalam 3 minggu terakhir, apakah usia kandungan saya langsung 2 bulan ? atau 1 bulan ? atau bagaimana ? Terimaksih sebelumnya dok Salam Sarah

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar perkiraan usia kandungan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mengetahui usia kehamilan, tolak ukurnya bukan menggunakan waktu terakhir berhubungan suami istri. Karena kehamilan terjadi saat saat sel telur wanita dibuahi oleh sperma pria saat sel telur dalam keadaan matang atau pada masa subur / ovulasi wanita. 

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, yang paling umum adalah menggunakan perhitungan siklus menstruasi, pemeriksaan fisik, dan yang terakhir serta paling bisa dipercaya adalah USG.

Perhitungan siklus menstruasi menggunakan metode HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai perkiraan usia kandungan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar