Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Seputar Keperawanan

24 Oct 2017, 13:15 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya apa dampak dari meremas-remas payudara pacat saya. Sedangkan saya dan pacar saya belum menikah. Apakah pacara saya masih tergolong cewek perawan??

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar keperawnan melalui fitur Tanya Dokter.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah:

1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, dan

2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali.

Sebelum mendiskusikan lebih jauh, ada perlunya Anda untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai anatomi vagina berkenaan dengan selaput dara dan konsep keperawanan.

Selaput dara yang ada dikenal dengan istilah himen. Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, diantara seperti:

Karena kecelakaan,aktivitas seperti naik kuda,senam,bersepeda,penggunaan tampon,masturbasi.Bahkan untuk beberapa kasus, terdapat juga sebagian perempuan yang tidak memliki himen dari lahir. Pun bisa saja perobekan himen yang ada sangat mudah robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.

Walau himen utuh adalah kerap kali dipahami sebagai indikator perempuan masih perawan, terdapat juga kondisi himen yang tidak utuh sekalipun sang wanita masih perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar keperawnan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar