Sukses

Menambah Rasa Percaya Diri

19 Oct 2017, 10:37 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok, saya sudah membaca artikel tentang "Hindari ucapkan 5 kata ini pada si kecil". saya jadi teringat ketika saya masih kecil, sama orangtua saya suka dibanding-bandingkan dengan kakak atau adik saya, bahkan tidak pernah dipuji. melihat nilai pelajaran pun yang dilihat hanya yang nilai jelek saja, yg nilai bagus tidak dipuji sama sekali. dan saya sering dibilang cepetan (padahal saya gak bermaksud berlama-lama hanya saya ingin berhati-hati). alhasil saya sekarang jadi orang yang sangat tidak percaya diri. mau melakukan apapun, mau bicara kepada orang lain pun jadi sangat takut. saya sudah tidak nyaman sekali dengan kondisi ini. dari saya kecil sampai usia saya 29 tahun sudah berusaha jadi orang percaya diri tapi belum bisa juga. solusinya bagaimana ya dok? terkadang saya sampai depresi atas keadaan ini. Terima kasih ya Dok.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar menambah rasa percaya diri melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama , anda harus tanamkan ini pada diri anda bahwa yang sudah terjadi biarlah berlalu, dan berhenti menyalahkan masa lalu anda karena masa lalu tetap menjadi masa lalu dan tidak dapat diubah. Apabila tetap melihat ke belakang terus menerus mengenai kesalahan orangtua dan lain lain, maka kita tidak bisa maju ke depan. 

Berdamailan dengan diri anda sendiri terlebih dahulu, setelah menerima diri apa adanya, barulah anda mulai membuka diri. Perbesarlah kapasitas anda dengan belajar hal hal yang baru dan yakinlah pada value atau nilai diri anda. JIka bukan anda sendiri yang memulai percaya pada kemampuan dan diri anda sendiri, siapa yang harus memulainya? 

Jangan pendam masalah apapun yang anda miliki sendirian, tetapi bagikanlah dengan teman terdekat adna atau dengan keluarga agar beban anda dapat menjadi lebih ringan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar menambah rasa percaya diri,Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar