Sukses

Penyebab Sulit Hamil

18 Oct 2017, 22:51 WIB
Wanita, 32 tahun.

saya ikut kb 6th sekarang sdh lepas kb selama 3th tp saya blm hamil. apakah benar kl kandungan saya ini kering karena terlalu lama ikut kb

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab sulit hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama perlu kami jelaskan,bahwa tidak ada istilah kandungan/organ rahim menjadi kering akibat apapun seperti penggunaan kb. Selain itu, kami perlu mengetahui jenis kb apa yang anda gunakan. Biasanya hormon akan kembali stabil setelah 3 bulan hingga 1 tahun pasca lepas dari kb (dalam hal ini kb suntik).

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi sulitnya kehamilan :

Faktor wanita:

Pada wanita, ketidaksuburuan dapat terjadi karena adanya infeksi pada vaginaKetidaknormalan kondisi organ reproduksi wanitaTidak normalnya jumlah lendir pada vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat menghambat perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur.

Faktor pria:

Ketidaksuburan dapat terjadi akibat tidak normalnya sperma,baik itu bentuknya,jumlahnya,maupun pergerakannya.Dapat juga dikarenakan ketidakmampuan ereksiProses ejakulasi yang abnormalinfeksi pada organ reproduksi

Untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan, hendaknya Anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, baik itu pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan pada organ reproduksi ataupun pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah ada masalah hormon atau ketidaknormalan sperma.

 

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penyebab sulit hamil, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar