Sukses

Bentuk Kaki X atau O

18 Oct 2017, 10:06 WIB
Pria, 16 tahun.

Permisi dok saya ingin bertanya sebuah pertanyaan mengenai tulang kaki saya. Saya baru sadar tulang kaki saya berbeda dengan teman ke banyakan teman saya. Bentuk tulang betis saya seperti melengkung ke samping luar. Sehingga ketika sedang posisi bediri kaki rapat terdapat celah sekira 4-7 cm antara tulang betis satu dengan lainnya. Dan mungkin ini karena keturunan dari bapa saya juga seperti saya yang ingin saya tanyakan apa sih dok nama kelainan tulang yang saya terima lalu apa mempengaruhi tinggi badan saya karena saya masih dalam masa pertumbuhan dan apa bisa di betulkan posisi tulang betisnya agar lurus tidak bengkok.

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai bentuk lutut bengkok.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sepertinya yang Anda maksud adalah kaki berbentuk O atau X merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita. Kaki O atau genu varum gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu:

Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.Mengingat umur Anda sudah memasuki 19 tahun, kemungkinan terapinya agak sulit. Harus dilihat terlebih dahulu derajat kebengkokan nya. Diperlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara lengkap. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda agar dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis Ortopedi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar