Sukses

Terlambat Haid dan Sulit Hamil

17 Oct 2017, 09:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya punya keluhan mengenai siklus haid yang sangat tidak teratur sejak pertama kali haid. Sekarang aja stelah 10 blan menikah masih aja sering terlambat haid, bulan ini pun sudah 4 hampir 5 minggu terlambat, coba tespack ternyta hasil nya negatif. Apakah itu berbahaya? Apakah organ reproduksi ku baik² saja? Apakah bisa mempengaruhi mudah nya kami untuk segera mempunyai keturunan? Terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Haid yang tidak teratur bisa merupakan tanda adanya kelainan pada organ reproduksi anda seperti PCOS atau gangguan hormonal Selain itu, faktor lainnya seperti berat badan, stress, dll juga memengaruhi.

Namun, berat badan yang berlebih terutama wanita, merupakan salah satu faktor risiko penyulit kehamilan. Wanita dengan indeks masa tubuh (IMT) overweight atau obesitas, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan hormonal dan berisiko memiliki penyakit PCOS (polycystic ovary syndrome), dimana seorang wanita akan menjadi lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki PCOS. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi sulitnya kehamilan :

Faktor wanita:

Pada wanita, ketidaksuburuan dapat terjadi karena adanya infeksi pada vagina

Ketidaknormalan kondisi organ reproduksi wanita

Tidak normalnya jumlah lendir pada vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat menghambat perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur.

Faktor pria:

Ketidaksuburan dapat terjadi akibat tidak normalnya sperma,baik itu bentuknya,jumlahnya,maupun pergerakannya.

Dapat juga dikarenakan ketidakmampuan ereksi

Proses ejakulasi yang abnormalinfeksi pada organ reproduksi

Untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan, hendaknya Anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, baik itu pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan pada organ reproduksi ataupun pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah ada masalah hormon atau ketidaknormalan sperma.

0 Komentar

Belum ada komentar