Sukses

Tumbuh Kembang Anak

17 Oct 2017, 08:39 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok,anak saya lahir 6 mei 2017. Sampai selrh dia hanya bisa tengkuarp. Dan saya amatinkepala nya sudah mulai kuat tp.kadang kalao kelamaan tengkurap kepalanya agak goyang2 gthu. Apakah wajar? Dan apakah usia segitu apakah normal perkembangannya?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Umumnya, perkembangan pada bayi dilakukan pemantauan pada beberapa kategori atau domain, termasuk motorik kasar, motorik halus, wicara, interaksi sosial, dan sebagainya. Untuk motorik kasar, latihan duduk dapat dicapai oleh bayi pada rata-rata usia 6 bulan, namun bisa sampai usia 9 bulan. Beberapa hal yang dapat membantu bayi untuk mencapai setiap milestone pada masing-masing domain (sebagi contoh, untuk motorik kasar, hal ini mencakup tengkurap, merangkak, duduk, berdiri, berjalan) adalah stimulasi, membantu bayi mencapai posisi tersebut, berinteraksi, dan sebagainya. Bila terdapat milestone yang belum tercapai pada usia yang seharusnya, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak guna memantau tumbuh kembang bayi.

Gunakanlah buku pink Anda (bila mendapatkannya saat hamil) untuk memantau tumbuh kembang anak Anda sesuai usia. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak Anda ke dokter untuk dilakukan pemantauan tumbuh kembang dengan kuesioner KPSP untuk memastikan tahapan pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan usianya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar tumbuh kembang anak, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar