Sukses

Main Bola Menyebabkan Kaki O ?

16 Oct 2017, 00:36 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok waktu saya kecil saya suka main sepak bola, dan sekarang saya baru sadar bahwa kaki saya berbentuk o, dan ternyata teman teman saya yang suka main sepak bola juga mengalami hal yang sama. Lalu ada teman saya yang menyimpulkan bahwa itu disebabkan karena kebiasaan waktu main sepak bola, apakah itu benar dok? Lalu apa yang harus saya dan teman teman lakukan untuk memperbaiki bentuk kaki saya?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terimakasih telah bertanya tentang Penanganan Kaki Berbentuk O melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kaki berbentuk O atau X merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita. Kaki X atau di dunia medis disebut sebagai genu valgum, sedangkan kaki O atau genu varum merupakan gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Terdapat beberapa metode penanganan dari keadaan ini. Secara umum dibagi menjadi dua yaitu metode non bedah dan metode bedah.

Metode non bedah: Metode non bedah meliputi pemakaian semacam papan/ bidai pada kaki anak. Pemakaian semacam bidai pada anak dimaksudkan untuk menjaga posisi kaki agar tetap menyerupai keadaan yang normal.

Metode bedah: Dalam metode ini dilakukan intervensi untuk memperbaiki kondisi tendon, otot yang mengelilingi telapak kaki. Dengan demikian diharapkan setelah operasi kaki anak akan lebih kuat untuk berjalan secara normal.

Diperlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara lengkap. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda agar dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis ortopedi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penanganan Kaki Berbentuk O. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar