Sukses

Perkembangan Anak 4 Bulan

15 Oct 2017, 21:10 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat siang dok. saya memiliki bayi usia jalan 4bulan. saat bayi saya berusia 1,5-3bulan ia suka sekali mengoceh. namun sekarang ia jarang mengoceh padahal kami sekeluarga tetap mengajaknya bicara seperti sebelumnya.. apakah perubahan ini wajar terjadi atau sedang ada masalah pada bayi saya sehingga ia menjadi malas untuk mengoceh ? terima kasih, dok :)

Terima kasih telah bertanya tentang perkembangan anak menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bayi yang baru lahir akan melalui tumbuh kembang dengan pesat dan sangat rentan dengan lingkungan sekitar sehingga membutuhkan perlindungan lebih secara menyeluruh. Saat usia 0 sampai 4 bulan, bayi akan mempelajari hal-hal berikut :

Melihat dan menatap wajah anda. Bayi sudah melihat sejak lahir, namun belum sejelas penglihatan orang dewasa. Seiring waktu penglihatannya makin jelas. Pada bulan pertama kehidupan, bayi cenderung lebih sering tidur karena belum bisa membedakan siang dan malam. Pada usia 2 bulan, penglihatan bayi sudah mulai berkembang menuju sempurna, sehingga bayi dapat mulai mencoba meraih benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu biasanya kita memberi mainan stimulasi berupa mainan yang digantungkan di atas box bayi mereka untuk mereka coba raih.

Menggerakkan kepala ke kiri kanan

Mengangkat kepala setinggi 45o

Biasanya bayi akan tengkurap dan mulai mengangkat kepala di usia 1 bulan, mengangkat dada usia 2 bulan, dan bertumpu di siku pada usia 3 bulan. Bayi mulai berguling dari posisi tengkurap ke posisi terlentang dan sebaliknya mulai usia 3-5 bulan.

Tertarik pada mainan yang bergemerincing, bereaksi terkejut terhadap suara keras karena pada usia 3 bulan bayi sudah bisa mengenali suara orang tuanya

Usia 3 bulan, kepalan tangannya mulai terbuka. Saat ini ia mulai menggapai mainan dan tangannya ke tengah sehingga berada di depan dada.

Mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh

Suka tertawa keras

Membalas tersenyum ketika diajak bicara atau tersenyum

Mengenal ibu dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, dan kontak

Berdasarkan data yang Anda paparkan, menurut kami perkembangan anak Anda masih dalam keadaan normal. Jadi Anda tidak perlu khawatir , tetaplah berikan stimulus untuk melatih perkembangan motorik si kecil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar