Sukses

Sembelit pada Bayi Prematur
15 Oct 2017, 07:50 WIB
Pria, 26 tahun.

Pagi dok, Saya mau tanya anak saya kan lahir prematur di usia kandungan 8 bulan. Bayi kembar dengan bb 1,4 dan 1,3 Sekarang usia kronologisnya 5 bulan.. Mereka sering mengeluh kesakitan saat akan buang gas n BAB, menangis n teriak bahkan badannya panas dingin... sudah dibawa ke DSA dan diberi obat pencernaan. Jika diminumkan BABnya biasa saja tdk pake ngejan yg teriak2 kesakitan. Tapi klo gk diminuman obat seperti biasa lagi ngejan n kesakitan luar biasa. Itu kenapa ya dok ?? Anak daya ASI seling SUFOR.. sebelum di dikasih SUFOR juga sdh seperti itu BABnya kesakitan... Terima kasih dok.

Terimakasih telah bertanya tentang sembelit pada bayi prematur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bayi prematur memang cenderung lebih sering mengalami sembelit atau konstipasi dibandingkan bayi cukup bulan. Ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti pematangan usus yang lebih lambat, kekuatan otot usus yang menurun, formula susu bayi prematur, serta riwayat infeksi usus sebelumnya.

Di samping itu, bayi prematur kerap menerima susu formula khusus yang tinggi kalori, dengan kadar zat besi yang lebih tinggi pula. 

Kombinasi menurunnya kekuatan otot-otot usus dan penggunaan formula susu bayi prematur membuat tinja bayi cenderung mengeras sehingga akhirnya bayi sulit BAB.

Jika ini membuatnya tak nyaman serta tumbuh kembangnya kurang baik sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan DSA. Mungkin DSA bisa memberikan alternatif susu formula yang lebih 'ramah' usus untuk bayi prematur Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sembelit pada bayi prematur. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar