Sukses

Seputar Mata Minus

14 Oct 2017, 22:07 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya mau tanya. Mata saya kan minus 0,25 terus saya pakek kacamata. Ada yang bilang kalau nggak pakek kacamata minusnya bisa tambah. Terus ada juga yang bilang kalau minusnya belum sampai 2 jangan sering pakek kacamata biar nggak nambah soalnya nanti ketergantungan. Yang benar yang mana ya? Terimakasih.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mata minus melalui fitur Tanya Dokter.

Terkait dengan rumor mengenai minus yang bertambah, hingga saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang mengaitkannya dengan penggunaan kacamata. Sebaliknya, mata minus yang tidak dibantu kacamata justru dapat menimbulkan berbagai keluahan, seperti:

Minus mata bertambah

Anda yang memiliki mata minus tapi malas menggunakan alat bantu penglihatan? Hati-hati, hal ini bisa membuat mata Anda akan terus berakomodasi.

Semakin mata berakomodasi untuk menyesuaikan penglihatan, maka mata akan menjadi lelah. Alhasil, minus mata pun akan semakin bertambah.

Menyebabkan lensa mata menjadi kaku

Memakai kacamata pada penderita mata minus dapat melindungi lensa mata dari paparan sinar ultraviolet. Perlindungan terhadap sinar ini dapat menunda kekakuan lensa mata.

Jika Anda tidak rutin memakai kacamata, maka lensa mata lebih mudah menjadi kaku. Secara tidak langsung, hal ini akan menyebabkan minus mata bertambah parah.

Itulah sebabnya orang-orang dengan mata minus harus menggunakan kacamata terus-menerus. Selain membuat penglihatan lebih jelas, hal ini juga turut mencegah minus mata semakin bertambah

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mata minus, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar