Sukses

Penyebab Sakit Kepala dan Rambut Rontok

14 Oct 2017, 08:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

hallo dok, sudah dari akhir bulan agustus kemarin saya mengalami kejanggalan yang beruntut. mulai dari pangkal paha cenat cenut, lalu hilang, gantian di sebelah kanan payudara saya sakit dan muncul bintik merah gatal, lalu hilang. abis itu sakit kepala sebelah, lalu keesokan hari saat saya mandi seperti gempa, lalu hilang. besokannya saya menstruasi, lalu pusing atau nyeri kepalanya masih, badan lemas sekali, dan belakang kuping saya sakit. saya sudah ke dokter, 2 kali ke spesialis penyakit dalam. diagnosanya cephalgia. saya minum obat asam mafenamat, lalu berangsur membaik. namun seminggu kemudian sekitar rahang saya sakit, untuk mangap, makan, nguap sakit dan seperti bengkak. saya melakukan puasa ngomong dan mengatur jarak antar gigi saya lalu perlahan-lahan sembuh. bulan september menstruasi saya mundur 2 minggu. lalu sekarang kepala saya masih sering seperti sakit, dibagian depan ataupun sebelah kanan, daun telinga juga agak sakit (tentatif), lalu sudah 3 hari belakangan ini rambut saya rontok parah. saya bangun tidur, rontokan rambut sudah ada di bantal. lalu ketika menyisir padahal tidak keras, rambut banyak yang berguguran. ketika saya shampooan juga rontok lagi, nyisir rontok lagi, ada apa ya dok? saya bingung..

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab sakit kepala dan rambut rontok menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Jika disertai adanya keluhan rambut rontok, nyeri kepala dan ada nyeri otot perlu ditelusuri ke penyebab msialkan penyakit lupus. Apakah ada gejala lain seperti ada ruam merah di wajah, dan nyeri sendi?

Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh tension type headache (TTH). Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Bila sakit kepala yang Anda rasakan sangat hebat dan tidak membaik dengan pemberian obat pereda nyeri, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh serta pemeriksaan penunjang seperti ct scan atau MRI bila diperlukan. Karena seyogyanya untuk mendiagnosis dibutuhkan pemeriksaan fisik sehingga sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

Migraine Sering Kambuh, Bagaimana Solusinya?

11 Pemicu Sakit Kepala yang Mengejutkan

Mengenal penyakit Vertigo

Keluhan rambut rontok yang Anda alami banyak penyebabnya bisa saja karena pengaruh genetik atau karena berhubungan penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi

hindari stres

hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah

cukup istirahat

stop merokok (pada yang merokok)

hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari. Biasanya terapi yang diberikan antara lain adalah pemberian suntikan obat-obatan langsung pada kulit kepala (mesotherapy), PRP therapy hingga transplantasi rambut untuk efek jangka panjang.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar