Sukses

Penyebab Gangguan Rontgen Anak

07 Oct 2017, 21:47 WIB
Wanita, 30 tahun.

Maaf dok...mau tanya...anak sy usia 5th..baru ke radiologi. Klinisnya batuk. Hasilnya tampak opasitas inhomogen dgn batas tak tegas di regio supraperihiler & paracardial bilateral dgn air bronchogram (-); tak tampak jelas pemadatan limfonodi hilus bilateral. Sinus costofrenicus bilateral lancip..hemidiafragma bilateral licin tak mendatar..cor:konfigurasi dlm batas normal...trachea di tengah tak tampak deviasi....sistema tulang yg tervisualisasi intact. Mohon penjelasannya dok...terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab batuk pada anak menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi anak Anda. Dari cerita yang Anda paparkan salah satu penyebab opasitas pada foto rontgen adalah infeksi. Apakah ada gejala demam dan sesak?

Untuk batuk berdahak pada anak, dapat menggunakan obat-obatan yang mengandung ambroksol, n-asetilsistein, atau guaifenesin/gliseril guaiakolat. Ketiga jenis kandungan ini aman bagi anak.

Selain menggunakan obat, batuk pilek dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan yang terjadi, seperti jahe, madu (bila anak sudah di atas 1 tahun), kencur, omega-3 dan echinacea. (Baca: Cara Alami untuk Atasi Batuk dan Pilek Ringan pada Anak).

Bila batuk mengganggu tidur, Anda pun dapat melakukan cara-cara berikut:

Biarkan anak beristirahat.Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar anak untuk memudahkannya bernapas dan rileks.Jika anak tidur, tinggikan posisi kepalanya untuk memudahkannya bernapas sewaktu batuk melanda.Jika anak terbangun saat batuk, berikan ia minuman hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.Semoga si kecil cepat sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar