Sukses

Nyeri Perut Saat Haid

05 Oct 2017, 18:46 WIB
Pria, 16 tahun.

assalamualaikum dokter. Selama ini...ketika atau menjelang haid,saya sering merasakan nyeri d perut...hingga mnjalar ke punggung.biasa di sebut dilep. lah yang mau saya tanyakan...apakah ada hubungannya dilep dengan kehamilan di masa yang akan datang??karena memang sejauh ini yang saya mengerti....dilep itu karena kekurangan hormon....sehingga proses menstruasi juga lambat usai. terimakasi dokter :)

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terimakasih telah bertanya seputar nyeri haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda. 

Nyeri yang menyertai haid merupakan hal yang umum terjadi. Nyeri ini terjadi akibat prostaglandin yang dikeluarkan otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut. Selama nyeri ini dalam batas wajar dan tidak mengganggu aktivitas Anda, dapat dianggap normal.

Berikut adalah ciri-ciri nyeri haid yang normal:

  • Nyeri yang dirasakan biasanya satu atau dua hari sebelum haid datang atau saat haid hari pertama.
  • Nyeri yang dirasakan berada di perut bagian bawah, pinggang atau di bagian paha.
  • Sifat nyeri mulai dari ringan sampai berat, yang bertahan selama 12 sampai 72 jam paling lama.Gejala nyeri dapat disertai keluhan mual, muntah, lemas, dan diare.

Sedangkan ciri nyeri haid yang tidak normal adalah:

  • Nyeri yang dirasakan lebih sakit dibandingkan nyeri kram perut biasa
  • Nyeri terkadang tidak berkurang meskipun haid telah selesai.

Jika nyeri haid Anda termasuk normal, Anda dapat mencoba berbagai tindakan alami untuk meredakannya. Misalnya, meletakkan kompres hangat pada perut bagian bawah pusar untuk mengurangi nyeri, atau melakukan pijatan dengan membuat gerakan melingkar menggunakan jari tangan di sekitar pusar. Jangan lupa, teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga juga berguna untuk menghilangkan nyeri haid.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri haid seperti parasetamol atau asam mefenamat yang umumnya dijual bebas di apotek.

Salah satu kondisi yang sering menyebabkan nyeri haid pada wanita yang belum menikah adalah endometriosis atau pertumbuhan jaringan rahim di luar rahim.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri haid, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar