Sukses

Mata Anak Belekan

02 Oct 2017, 23:18 WIB
Pria, 2 tahun.

dok, saya mau tanya seputar sakit mata yang biasa terjadi pada anak usia d bawah lima tahun. anak saya laki-laki usia dua tahun lima bulan. kira-kira sudah 2 minggu ini dia mulai belekan yg tidak semestinya. awalnya sya mengobatinya dengan salep mata yg saya beli d apotek, karena salep hampir habis dan kondisinya msih sama sya pergi k bidan dan d beri obat tetes mata. setelah 3 hari pengobatan tetes kondisinya msi sama begitu-begitu sja. ada kalanya belekannya seperti sembuh, tpi ketika sya hentikan pengobatan pasti belekan lagi, itu terjadi saat pengobatan salep maupun tetes. tpi anak saya tdk mengalami mata merah maupun bengkak. sbenarnya jenis sakit mata apa ya dok itu? dan obat apa yg tepat untuk anak saya? trimaksih banyak sbelumnya .

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mata anak belekan melalui fitur Tanya Dokter.

Salah satu gejala dari kelainan konjungtiva adalah mata kotor atau belek (sekret). Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret serosa (tidak terlalu kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Karena Anda tidak mendeskripsikan secara detail seperti apa 'belekan' yang terjadi pada anak Anda, maka Anda dapat memperkirakan penyebabnya berdasarkan deskripsi di atas.Terapi pada mata akan disesuaikan dengan penyebabnya. Bersihkan selalu mata anak Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor. Apakah saat ini anak Anda sedang mengalami infeksi saluran napas atas? Pada beberapa kondisi dimana anak sedang batuk/pilek terkadang juga menyertai keluhan mata belekan.

Untuk penjelasan dan tatalaksana lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar