Sukses

Angkat Beban Menyebabkan Rematik ?

27 Sep 2017, 06:25 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat siang dok nama saya Dani, karena saya sering melakukan olahraga gym atau fitnes sejak umur17 saya jadi memiliki rematik di beberapa bagian tubuh saya seperti telapak tangan jari jari tangan bahu dan lutut pertanyaanya adalah apakah rematik tersebut dapat menghambat pertumbuhan tulang saya dan bisa di bilang saya gagal tinggi dalam usia saya saat ini mohon bantuannya dok trims

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar angkat beban melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan penjawaban ini. Pada dasarnya angkat beban tidak menyebabkan rematik. Rematik disebabkan oleh genetik dan beberapa faktor risiko lainnya seperti merokok, dan jenis kelamin wanita. Selain itu artritis reumatoid (rematik) ditandai degnan beberapa tanda dan gejala seperti :

  • penurunan berat badan
  • mudah lelah
  • nyeri pada sendi-sendi kecil seperti jari, biasanya terjadi pada beberapa sendi (kanan-kiri)
  • Disertai gejala lainnya seperti gangguan penglihatan, nafas, dan jantung

Untuk memastikan rematik diperlukan pemeriksaan secara mendalam dan juga nilai laboratorium. 

Berkaitan dengan angkat beban, tergantung dari beban yang anda angkat. Apabila beban yang anda angkat melebihi 70% dari berat badan anda, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera pada tulang, terutama pada tempat pertumbuhan tulang. Apabila terjadi cedera, maka pertumbuhan dapat terhambat. Selain itu tinggi badan juga dipengaruhi oleh faktor genetik, aktifitas fisik, dan nutrisi.

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilihat apakah benar anda memiliki rematik atau tidak dan diperiksa tinggi badan anda apakah sudah ideal atau belum.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar angkat beban, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar