Sukses

ALergi Terhadap Sabun Cuci Wajah?

25 Sep 2017, 22:59 WIB
Wanita, 30 tahun.

saya mau tanya dok... beberapa hari ini setelah menggunakan sabun cuci muka..muka saya kenceng & kering tp setelah di lap2 muka saya berasa panas.perih & gatal..sehingga tanpa di garuk..muka saya merah2..sampe skrg ga ilang2.. kira2 knp ya dok?& bagaimana cara mengobatinya...

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan keluhan Anda, kami menduga keluhan tersebut disebabkan oleh reaksi terhadap sabun pembersih muka yang Anda gunakan yang disebut dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut, dalam kasus ini adalah krim wajah yang Anda gunakan.

Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh dokter dan dijalankan sesuai petunjuk dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan penggunaan krim wajah tersebut (menghindari pemicu), menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada lesi.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung untuk menentukan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar sabun cuci muka, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar