Sukses

Lidah Pendek

25 Sep 2017, 15:35 WIB
Pria, 23 tahun.

saya merasa ganjal dengan lidah saya yg pendek, dan saya lihat ini merupakan salah satu kelainan dari bayi sebenernya yg biasa di sebut tounge tie, nah jika di umur dewasa seperti saya ini melakukan operasi tersebut, apakah akan berdampak dengan cara bicara saya ?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar lidah pendek melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tongue tie adalah suatu kondisi dimana pergerakan lidah terbatas akibat perlekatan yang pendek antara lidah dan dasar mulut, dimana penyebabnya tidak selalu diketahui. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada saat anak masih menyusu dan gangguan fungsi bicara. Prosedur yang dilakukan untuk mengatasi keadaan ini adalah frenotomy or frenuloplasty.

Frenotomy merupakan prosedur operasi yang sederhana, dan dapat dilakukan dengan cepat serta menimbulkan ketidaknyamanan yang minimal. Frenuloplasty akan dilakukan bila frenotomy tidak dapat menjadi solusi dari tongue tie. Untuk memastikan perawatan terbaik bagi kondisi Anda maka diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis bedah mulut. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar lidah pendek, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar