Sukses

Penyebab Keringat Berbau

25 Sep 2017, 15:26 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya demam, demamnya sudah turun dan saya suka berkeringat dan keringatnya ini sangat bau dok sampai sampai saya ingin muntah. Apakah keringat trsebut normal? terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar bau badan melalui fitur Tanya Dokter.

Tiga hal yang menyebabkan terjadinya bau badan, yakni:

  • Bakteri dan keringat. Bau badan muncul karena jumlah bakteri di permukaan kulit yang semakin bertambah. Bakteri-bakteri ini kemudian mengubah keringat dan minyak yang dikeluarkan tubuh menjadi aroma tertentu. Dengan bertambahnya produksi keringat seseorang, maka jumlah bakteri juga semakin bertambah. Bau badan dapat berasal dari bagian tubuh mana saja. Namun kaki dan ketiak adalah dua bagian tubuh yang paling sering. Dengan kata lain, jika ketiak dan kaki tidak terjaga kebersihannya, sering berkeringat dan basah, maka risiko terjadinya bau badan akan semakin meningkat.
  • Makanan dan minuman. Makanan yang mengandung sulfur –seperti; brokoli, kubis, dan kol– dapat menyebabkan bau badan. Bawang-bawangan yang memiliki aroma kuat juga termasuk di dalam makanan yang perlu dihindari jika ingin terhindar dari bau badan.
  • Kebersihan diri. Keringat dapat dikendalikan dengan mandi teratur menggunakan sabun, minimal 2 kali sehari. Kebersihan diri yang terjaga dapat turut menjaga kelembapan tubuh dalam batas wajar, sehingga mencegah terjadinya bau badan.

Bila ini sangat mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi pula dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar bau badan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar