Sukses

Pertolongan Pertama Pada Alergi

25 Sep 2017, 13:21 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok.. Suami saya punya alergi parah pada sengatan serangga bersayap.. Awalnya kami pikir hanya pada lebah ternyata sengatan beberapa jenis serangga lain juga memberi efek yg saya.. Gejala awalnya seluruh badah memerah, kemudian bengkak, tidak hanya di bagian yg tersengat namun hampir diseluruh badan.. Paling parah di area wajah.. Setelah itu pusing dan mual... Pertanyaan saya.. Apakah ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan... ? Karena kami pernah mengalami situasi dimana dia sampai pingsan karena ini karena lokasi rs yg cukup jauh..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar pertolongan pertama pada alergi melalui fitur Tanya Dokter.

Reaksi alergi yang berbahaya disebut dengan reaksi anafilaksis. Sayangnya, untuk keadaan ini hanya bisa ditangani di rumah sakit saja dengan obat-obatan yang ada. Beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah apabila mulai muncul gejala seperti gatal diseluruh badan, jantung berdetak cepat, sesak nafas, dan mulai kehilangan kesadaran,  segera minum obat anti alergi seperti cetirizine , loratadine, atau CTM. Setelah itu segera bawa ke UGD untuk pertolongan selanjutnya. 

Reaksi anafilaksis dapat menyebabkan syok yang berakibat fatal. Anda harus waspada jika setelah sengatan lebah timbul kemerahan yang menyeluruh pada tubuh anda, tidak hanya pada tempat sengatan. Anda dapat menjadi sesak napas, bengkak pada mata, bibir, lidah, atau wajah. Lama-kelamaan reaksi ini bisa menyebabkan kelemahan sampai kehilangan kesadaran.

Jika hal tersebut terjadi, Anda harus sesegera mungkin ke unit gawat darurat rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar pertolongan pertama pada alergi, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar