Sukses

Penyebab Vagina Gatal Sebelum dan Selama Haid

25 Sep 2017, 00:32 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamualaikum warohmahtulloh hiwabarokatuh Selamat malam dokter Saya mau nanya Saya mengalami gatal gatal pada vagina ketika haid tapi baru kali ini saya mengalami gatal gatal saya bahkan sudah mengganti pembalut tapi sampe sekarang masih ada rasa gatal. Sekarang sudah hari ke 7 saya haid. Biasa nya di hari ke 6 saya sudah bersih. Kemaren sudah bersih tapi tidak keluar darah tapi saya mengalami keputihan banyak . dan sekarang d hari ke 7 keluar bercak darah lagi dan vagina masih terasa gatal. Untuk mengatasi nya harus bagaimana dok? Obat apa yang harus saya beli ? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang vagina gatal sebelum dan selama haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Vagina yang gatal di sekitar waktu haid (baik sebelum, selama atau sesudah haid) cukup sering terjadi dan dapat muncul akibat vagina kering, infeksi jamur atau perubahan hormonal. Yang pasti, kondisi vagina yang gatal ini sangat tidak nyaman.

Banyak perubahan yang terjadi di dalam vagina dan rahim selama siklus haid. Lapisan mukosa vagina juga dapat mengalami perubahan akibat fluktuasi hormonal. Mendekati masa haid, kadar hormon estrogen rendah, sehingga vagina cenderung lebih kering dari biasanya dan mudah mengalami iritasi. Pada akhir masa haid, estrogen mencapai kadar terendahnya dan dapat membuat vagina sangat gatal. Jika memang akibat fluktuasi hormonal, rasa gatal ini akan menghilang beberapa hari setelah haid selesai. Jika rasa gatal masih ada, maka mungkin disebabkan oleh hal lain seperti infeksi atau peradangan.

Berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi vagina yang gatal sebelum, selama dan setelah haid:

  • Jaga kebersihan area kelamin menggunakan sabun dengan pH normal (5,5) yang tidak mengandung antiseptik atau pewangi. Anda dapat menggunakan sabun pencuci vagina yang mengandung asam laktat.
  • Cegah infeksi jamur dengan membilas area kelamin dengan air mengalir dari arah depan ke belakang.
  • Sebisa mungkin hindari menggaruk area yang gatal agar infeksi tidak menyebar jika ada.
  • Gunakan lubrikan vagina untuk mencegah vagina kering.

Jika rasa gatal tetap ada meski haid telah selesai, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar vagina gatal sebelum dan selama haid. Semoga bermanfaat. (FA)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar