Sukses

Pencegahan Keloid

24 Sep 2017, 21:37 WIB
Pria, 35 tahun.

Siang dokter, saya mengalami luka bakar pada lutut bagian belakang, sekarang ini sudah tinggal sedikit yg luka, bagaimana cara mengatasi rasa kering pada luka supaya saya bisa berjalan lagi, saat ini saya kesakitan untuk di pakai jalan, terimakasih dokter

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan luka bakar melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama, tutupi bagian yang melepuh dengan kassa steril yang lembab , apabila anda memiliki gel dingin untuk luka bakar, anda bisa gunakan gel tersebut sebelum menutupnya dengan kassa. Selama belum pecah, tidak perlu diberikan salep antobiotik. Apabila pecah, oleskan salep antibiotik seperti gentamycin sehari 2 kali setelah mandi. Jangan berikan bubuk bubuk kopi, odol, atau apapun yang diberitahukan oleh orang lain karena dapat memperparah luka bakar yang anda alami. Selain itu tidak ada pantangan untuk anda, konsumsi makanan yang tinggi protein dan kolagen untuk mempercepat penyembuhan luka.

Pada bekas luka bakar seringkali terjadi kontraktur karena keloid pada jaringan, khususnya jika melibatkan daerah sendi. Konsultasikan hal ini dengan dokter bedah Anda, untuk mencegah keloid.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penanganan luka bakar, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar