Sukses

Mengatasi Kebotakan Rambut

23 Sep 2017, 14:01 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat siang dok, saya ingin bertanya. Saya mengalami kerontokan yang sangat parah pada rambut saya sampai saya botak. Bahkan saat saya hanya menyisir rambut dengan jari rontoknya sudah banyak sekali. Apalagi saat saya keramas sampai yang rontok itu ada satu genggaman. Saya sudah kehilangan seluruh rambut bagian tengah saya. Selain itu ada beberapa rambut yang rontok sampai ke akarnya (ada putih-putih diujung rambut). Saya sudah kedokter tapi dokter tersebut hanya memberi saya obat penambah darah. Saya mohon sekali bantuannya. Terimakasih.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi kebotakan rambut melalui fitur Tanya Dokter.

Kebotakan (alopesia) menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Untuk mengatasi kebotakan itu sendiri diperlukan penelusuran terlebih dahulu hal apa yang menjadi pemicu kebotakan itu sendiri.

Sebagian besar kasus kebotakan disebabkan oleh pengaruh genetik (keturunan) dan hormon, namun dapat pula terjadi karena gangguan gizi dan infeksi pada kulit rambut dan kepala.

Jika mereka yang mengalami kebotakan merasa nyaman dengan penampilan mereka maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Masalah yang timbul lebih menyangkut estetika dan kosmetika penampilan saja. Seringkali masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan hair piece atau perubahan model rambut. Cara ini adalah yang paling aman dan murah.

Selain itu, menangani kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan. Obat-obat ini bekerja dengan menghambat kerontokan rambut dan menumbuhkan rambut baru dengan merangsang folikel rambut. Fungsi ini dapat diperoleh dengan menggunakan obat Minoxidil.

Sedangkan untuk mengatasi pengaruh hormon pada kebotakan dapat digunakan obat Finasteride. Sayangnya, jika penggunaan salah satu dari kedua obat ini dihentikan maka kerontokan rambut akan terjadi kembali, bahkan terkadang kerontokan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak.

Untuk memastikan penyebab kebotakan dan penanganan yang tepat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar