Sukses

GERD dan Cacingan

23 Sep 2017, 13:44 WIB
Pria, 29 tahun.

Ass. Dok apakah otot les saya bisa kembali kencang setelah saya mengalami sakit asam lambung slama 1th lebih? dan ketika nafas saya sesak akibat asam lambung naik apa yg harus saya lakukan dok? Dan blakangan ini akibat sya minum ramuan herbal kalau saya BAB kenapa ktoranya bercampur cacing kecil mirip belatung warnanya putih dok.. Apakah cacing ini berbahaya dok?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar GERD dan cacingan melalui fitur Tanya Dokter.

Pada beberapa orang memang didapatkan memiliki tonus LES yang lebih lemah sehingga mudah terjadi GERD. Untuk mengobatinya dapat menggunakan obat-obatan penguat otot LES seperti baclofen dan obat GABA agonis lainnya. Tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi hindarilah faktor faktor pemicu terjadinya GERD agar LES tidak semakin ter-iritasi dan rusak. Hindari makanan yang mengandung lemak yang tinggi , asam, serta pedas dan hindari makan dalam porsi besar sekali makan.

Mengenai cacingan, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai jenis cacing yang ada tersebut. Karena aabila didiamkan cacing tersebut dapat menyebabkan anemia dan obstruksi usus dan dapat berbahaya bagi anda. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar GERD dan cacingan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar