Sukses

Batuk Pilek Anak

22 Sep 2017, 22:11 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya mw tanya, Anak saya umur 3 thn 3 bln, berat badan 13 kg, saat ini sedang pilek, kmrn malam tiba2 mimisan pdhl sebelumnya tdk prnh mimisan, tetapi mimisan berhenti sendiri krg dari 5 menit, bsok paginya mimisan lg tpi hnya sedikit dan siangnya mimisan lagi darahnya sedikit dan darah berwarna agak kecoklatan, apakah bahaya dok? Anaknya tetap bergerak aktif seperti biasa, tidak lemas dan tidak pucat

Terimakasih telah bertanya tentang penanganan batuk pilek pada anak menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi anak Anda.

Untuk batuk berdahak pada anak, dapat menggunakan obat-obatan yang mengandung ambroksol, n-asetilsistein, atau guaifenesin/gliseril guaiakolat. Ketiga jenis kandungan ini aman bagi anak.

Selain menggunakan obat, batuk pilek dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan yang terjadi, seperti jahe, madu (bila anak sudah di atas 1 tahun), kencur, omega-3 dan echinacea. (Baca: Cara Alami untuk Atasi Batuk dan Pilek Ringan pada Anak).

Bila batuk mengganggu tidur, Anda pun dapat melakukan cara-cara berikut:

Biarkan anak beristirahat.
Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar anak untuk memudahkannya bernapas dan rileks.
Jika anak tidur, tinggikan posisi kepalanya untuk memudahkannya bernapas sewaktu batuk melanda.
Jika anak terbangun saat batuk, berikan ia minuman hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.
Semoga si kecil cepat sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar